PANDUAN AKADEMIK BAB I

BAB I

AKPER ISLAMIC VILLAGE TANGERANG

A. Sejarah Singkat

Akademi Keperawatan (Akper) Islamic Village Tangerang didirikan pada tanggal 1 September 1993, dimana saat ini merupakan pendidikan tinggi keperawatan pertama yang ada di Provinsi Banten. Pendirian Akper Islamic Village berdasarkan Surat Keputusan Mentri Kesehatan No. HK.00.06.11.3181. Kehadiran Akper Islamic Village Tangerang didorong oleh semangat untuk mencetak dan menghasilakn perawat professional yang dirasa masih amat diperlukan baik dari segi jumlah maupun kualitas.

B. Visi dan Misi

v Visi:

Akademi Keperawatan Islamic Village Tangerang menghasilkan perawat professional yang unggul dalam sikap, pengetahuan dan ketrampilan, berakhlakul karimah dan berdayaguna pada skala nasional

v Misi:

  1. Meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia institusi
  2. Meningkatkan jumlah dan mutu sarana prasarana pendidikan sesuai kebutuhan dan perkembangan iptek
  3. Memperoleh calon mahasiswa yang berpotensi
  4. Mengembangkan kurikulum sesuai kebutuhan pasar
  5. Mengembangkan kemitraan dengan berbagai institusi pengguna baik skala nasional maupun internasional

C. Tujuan

Tujuan nasional seperti tertera dalam UUD 1945 antara lain adalah meningkatkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam rangka mencapai tujuan pembangunan manusia Indonesia tersebut, dilakukan berbagai program termasuk pembangunan kesehatan yang bertujuan meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas manusia Indonesia. Penyelenggaraan program pendidikan di Akper Islamic Village diarahkan untuk mencapai keberhasilan tujuan diatas.

@ Tujuan Institusi:

  1. Menghasilkan Ahli Madya Keperawatan sebagai perawat profesional pemula yang memiliki pengetahuan masalah umum kesehatan saat ini dan masa yang akan datang serta mampu melaksanakan peran dan fungsi sebagai berikut:
  2. Melaksanakan dan mengembangkan program pendidikan berdasarkan falsafah negara Pancasila, UUD 1945, tujuan institusi dan rancangan konseptual serta bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pendidikan.
  3. Menyediakan sarana lingkungan yang mendukung proses belajar serta pengembangan diri peserta didik dengan memberikan teori dan praktik pendidikan yang tepat
  4. Mempertahankan mutu pendidikan dan taraf yang tinggi dengan bekerjasama dan menggunakan fasilitas serta sumber-sumber pendidikan dari universitas atau institusi akademi dan non akademi yang lain
  5. Menggunakan pendidikan keperawatan dengan memberikan kesempatan melakukan kegiatan penelitian dalam bidang keperawatan
  6. Memprakarsai pengembangan staf akademi melalui program pendidikan berkelanjutan

@ Tujuan Pendidikan

  1. Mengamalkan nilai – nilai Pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupannya
  2. Melaksanakan peran dan fungsi perawat dalam berbagai tatanan kehidupan
  3. Melakukan kerjasama dengan sejawat perawat dan anggota tim kesehatan lainnya dalam upaya meningkatkan pelayanan keperawatan.
  4. Mengembangkan profesi keperawatan melalui pendidikan berkelanjutan dan penelitian bidang keperawatan

D. Struktur Organisasi

Struktur Pimpinan pada Akademi Keperawatan Islamic Village:

a. Direktur: Ns. Ellya Qolina, S.Kep.

Direktur merupakan pimpinan Akademi Keperawatan Islamic Village yang berada dibawah Direktur Pendidikan Tinggi Yayasan Islamic Village. Direktur berwenang dan bertanggung jawab dalam penyelenggaraan program pendidikan.

b. Wakil Direktur (Wadir)

Wakil Direktur (Wadir) merupakan individu yang bertugas membantu direktur dalam melaksanakan fungsi pendidikan, administrasi dan kemahasiswaan. Wadir terdiri dari tiga bagian, yaitu:

@ Wadir I : Bidang Akademik : Sri Wahyuni Purwaningsih, S.Kep

@ Wadir II :Bidang Administrasi : Iis Naini, SKp

@ Wadir III: Bidang Kemahasiswaan : Ns. Sudrajat, S.Kep.

Dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya, setiap wadir dibantu oleh kepala sub bagian (kasubbag), yaitu: KaSubBag Akademik: Neny Suhaeni, SKp; KaSubBag Administrasi: Ns. Elis Nurhayati Agustina, S.Kep dan KaSubBag Kemahasiswaan: Ns. Desmon Wirawati, S.Kep

c. Kepala Unit

Pada Akper Islamic Village terdapat tiga unit penunjang yang bertanggung jawab langsung kepada direktur, yaitu:

w Unit PPM (Penelitian dan Pengabdian Masyarakat), yang diketuai oleh Siti Aminah, SKp

w Unit Perpustakaan , yang diketuai oleh Windarti Minggarini dengan pelaksana harian M. Yusuf Ibrahim

w Unit Laboratorium, yang diketuai oleh Teresa, SKp dengan pelaksana harian Agus S

A. Badan Kemahasiswaan

Badan kemahasiswaan merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan berorganisasi terutama dalam lingkup Akper Islamic Village. Badan kemahasiswaan resmi yang ada di Akper Islamic Village adalah Badan Eksekutif Keluarga Mahasiswa (BE KEMA). BE KEMA memiliki masa bakti selama satu tahun kepengurusan yang dikukuhkan melalui surat keputusan direktur.

B. Mahasiswa dan Lulusan

Akper Islamic Village Tangerang telah meluluskan XIII angkatan sejak tahun 1996 – 2007.