PANDUAN AKADEMIK BAB IV

BAB IV

KEMAHASISWAAN

A. Bimbingan dan Konseling

1. Pengertian

Bimbingan adalah bantuan yang dapat diberikan oleh Penasehat Akademik (PA) kepada mahasiswa agar dapat mengambil keputusan berkaitan dengan kegiatan akademiknya.

2. Tujuan

Bimbingan dan Konseling bertujuan agar mahasiswa:

± dapat beradaptasi dengan kehidupan kampus.

± tumbuh dan kembang secara optimal

± menyelesaikan masalah pribadi secara sehat dan konstruktif

3. Ruang Lingkup

Lingkupan bimbingan yang dapat diberikan oleh PA adalah :

- bimbingan akademik

- bimbingan pengembangan diri

- bimbingan karir

- konselling pribadi

4. Pembimbing Akademik (PA)

Pembimbing Akademik (PA) adalah staf pengajar/staf dosen yang telah ditunjuk menjadi pembimbing akademik.

B. Sarana dan Prasarana

1. Kampus.

Kampus Akper Islamic Village Tangerang merupakan gedung yang terdiri dari dua lantai. Terletak di Jln. Islamic Raya, Kompleks Islamic Village Kelapa Dua Tangerang. Di lantai I terdapat : Ruang Laboratorium, Ruang rapat/ruang kuliah bagi mahasiswa prosus, ruang staf dosen, musholla, ruang pramu bakti, ruang tata usaha (TU), ruang administrasi keuangan, ruang direktur, ruang wakil direktur, perpustakaan, ruang simulasi dan kamar mandi. Di lantai II terdapat ruang perkuliahan untuk tingkat I, II dan III serta ruang aula.

2. Ruang Kuliah

Ruang kuliah secara keseluruhan terletak di lantai II. Fasilitas yang tersedia pada setiap ruang kuliah adalah white board, AVA (berupa OHP, TOA, LCD).

3. Laboratorium

Laboratorium terdiri dari 2 (dua) bagian, yaitu ruang simulasi untuk pembelajaran laboratorium kelas besar dan laboratorium sesuai kelompok mata ajar..

4. Perpustakaan

Perpustakaan Akper Islamic Village menyediakan buku sumber/referensi yang diperlukan bagi mahasiswa sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar. Selain tbuku teks, tersedia pula jurnal, karya tulis ilmiah yang berupa laporan akhir mahasiswa dan proposal penelitian.

5. Aula

Aula yang terletak di lantai II digunakan untuk kegiatan-kegiatan baik yang diadakan oleh Akper Islamic maupun oleh lembaga kemahasiswaan.

6. Ruang BE KEMA

Ruang BE KEMA merupakan tempat pusat kegiatan kemahasiswaan dalam merancang dan mengkoordinir kegiatan-kegiatannya.

7. Kantor Pos

Kantor Pos Islamic Village merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan oleh warga Islamic Village. Kantor Pos terletak berdampingan dengan Poli Klinik dan Bank.

8. Poli Klinik

Poli klinik Islamic Village terletak di samping masjid Istighna Islamic Village. Poli klinik ini menyediakan pelayanan kesehatan dasar.

9. Bank

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Berkah Ramadhan merupakan salah satu fasilitas yang terdapat di Kompleks Islamic Village yang dapat digunakan mahasiswa untuk kegiatan keuangan.